Jika melihat desain rumah pedesaan yang tradisional tentu akan membangkitkan romantisme dan atmosfer masa lampau. Anda juga akan segera mengingat kampung halaman yang berada di desa. Asri dan masih alami. Rumah pedesaan juga memiliki gaya etnik sehingga akan membuat suasana menjadi lebih rileks, damai, serta nyaman.

Memiliki rumah dengan konsep pedesaan di tengah hiruk pikuk aktivitas sehari-hari tentu akan membuat Anda meninggalkan kesibukan yang semakin membebani. Dijamin, saat itu juga Anda akan merasa betah di dalamnya. Kenyamanan tersebut didapatkan dari perpaduan antar komposisi ruangan, hierarki ruang, serta karakteristik visual dari beberapa unsur diantaranya warna, tata cahaya dan juga proporsi.

Desain rumah pedesaan yang tradisional bisa Anda dapatkan tanpa harus merombak total rumah Anda. Jika saat ini Anda memiliki dekorasi rumah yang kontemporer dan modern, maka ada beberapa poin penting untuk merubah rumah menjadi gaya pedesaan tradisional. Berikut ulasannya untuk Anda:

1. Unsur Alami

Perpaduan Desain Rumah Pedesaan Yang Tradisional Namun Eksotis 1
https://ndikhome.com

Desain rumah pedesaan bisa dimulai dengan menerapkan gaya arsitektur yang Rustic atau berkarat dan kuno. Dengan berbasis pada kesadaran lingkungan serta menekankan unsur alami dan elemen yang belum terfabrikasi akan membuat unsur alami rumah pedesaan Anda menjadi lebih kuat.

Kuncinya adalah dengan menggunakan material dengan tekstur permukaan yang masih kasar. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan kesan alami dan tidak terlalu banyak finishing.

2. Konsep Mix-Combo

Perpaduan Desain Rumah Pedesaan Yang Tradisional Namun Eksotis 2
https://ndikhome.com/

Gaya pedesaaan tradisional dengan unsur gaya historis juga bisa digabungkan sesuatu yang baru. Hal ini mencakup furniture, struktur bangunan, motif dekorasi, dan juga motif budaya tradisional atau gaya dari luar negeri.

Konsep tersebut menerapkan gaya ekletik yang tidak terlihat terlalu formal dan kaku. Sebab, tampilan dalam ruangan tidak hanya tertuju pada konsep tradisional saja. keuntungan dengan menerapkan konsep mix-combo adalah menjadikan ruangan terlihat lebih dinamis.

3. Romantisme Klasik

Perpaduan Desain Rumah Pedesaan Yang Tradisional Namun Eksotis 3
exposedesainrumah.blogspot.com

Anda bisa memberikan sentuhan kemewahan pada rumah pedesaan yang dikonsepkan. Gaya etnik bisa Anda padukan dengan konsep klasik dengan lebih mengutamakan keseimbangan, komposisi, serta harmonisasi pada elemen-elemen yang detail.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan furniture dan ornament yang menonjolkan proporsi dan skala. Contohnya bisa menggunakan lampu gantung klasik untuk menampilkan ruangan yang mewah dan elegant.

4. Inovasi Smart-Tech

Perpaduan Desain Rumah Pedesaan Yang Tradisional Namun Eksotis 4
homify.com

Sangat mungkin untuk menggabungkan gaya rumah pedesaan yang sederhana dengan konsep yang futuristic. Konsep futuristic adalah konsep yang lebih mengandalkan imajinasi tata ruang ada masa depan. Desain tersebut menggunakan material logam dan juga bahan fabrikasi yang menggunakan teknologi tinggi.

Desain rumah dengan konsep inovasi smart-tech akan membuat rumah Anda menjadi lebih unik dan uga iconic ketimbang lingkungan di sekitar.

5. Tradisional Minimalis

Perpaduan Desain Rumah Pedesaan Yang Tradisional Namun Eksotis 5
www.arte-living.com

Rumah minimalis memang tengah menjadi trend. Perpaduan antara rumah pedesaan dan konsep minimalis akan semakin
membuat rumah menjadi ekonomis dan sederhana. Untuk mendapatkannya, Anda bisa memainkan komposisi pada bidang geometris.

Desain rumah pedesaan yang minimalis memang anti-ornamen. Anda bisa menambahkan material yang alami seperti batu, kayu, dan juga logam. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda bisa memilih furniture natural tanpa ornament yang berlebihan.

6. Warna Monokromatis

Desain interior untuk rumah pedesaan tradisional memiliki ciri khas yaitu sederhana. Aplikasi warna yang tidak terlalu mencolok seperti putih dan coklat akan menegaskan kesederhanaan rumah Anda. warna monokromatis atau senada akan mengurangi kesan ramai dan meriah. Sehingga karakter visual yang damai dan tenang akan tercipta di dalamnya.

Enam konsep desain rumah pedesaan tradisional tersebut bisa Anda jadikan referensi untuk renovasi rumah. Anda lebih tertarik dengan konsep yang mana? Apakah unsur alami, atau gabungan dengan beberapa konsep seperti futuristic, kemewahan dan minimalis? Silahkan pilih sesuai dengan selera.