Indonesia termasuk negara yang beriklim tropis, sehingga tidak sedikit orang yang menerapkan desain rumah tropis. Ya, rumah tropis menjadi pilihan yang tepat bagi siapapun, mulai dari yang masih single, pengantin baru, hingga sebuah keluarga besar.

Jika berbicara tentang rumah idaman, pastinya model rumah tropis adalah salah satunya. Konsep yang menonjol dari rumah model ini adalah pepohonan hijau di sekitar rumah. Tentu sangat menyejukkan bukan?

Akan tetapi membuat desain rumah tropis tidak boleh sembarangan, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar rumah tak hanya nyaman, namun juga aman. Penasaran dengan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendesain rumah gaya tropis? Langsung saja simak ulasan berikut ini!

1. Perhatikan Volume Atap

Wujudkan Rumah Idaman dengan Desain Rumah Tropis 1
https://www.casaindonesia.com

Rumah tropis yang tepat adalah rumah yang memiliki volume atap luas. Memang agar tampilan rumah menarik dan unik, Anda bisa merubah bentuknya lain dari yang lain, akan tetapi tetaplah mengusahakan untuk membuat atap bervolume luas.

Volume yang cukup luas membuat penghuni merasa aman di dalamnya. Tak hanya itu, atap yang dibuat lebih tinggi juga membuat rumah serta ruangan di dalamnya terlihat lebih besar dan luas.

2. Terapkan Konsep Open Space

Wujudkan Rumah Idaman dengan Desain Rumah Tropis 2
https://www.casaindonesia.com

Salah satu ciri desain rumah tropis ialah dengan konsep open space atau terbuka. Ya, konsep serba terbuka ini mampu meminimalisir kelembaban ruangan. Sirkulasi udara pun bisa teratur karena ruangan terbuka.

Anda bisa menggunakan kaca besar sebagai pembatas ruang keluarga atau ruang bersantai dengan halaman rumah. Bisa pula mengarahkan kaca tersebut pada kolam renang atau kolam ikan, sehingga suasana nyaman, tenang dan damai bisa tercipta.

3. Buat Ventilasi Alami

Wujudkan Rumah Idaman dengan Desain Rumah Tropis 3
https://rumahminimalisoi.com

Disamping dibuatnya kaca besar tempat dimana cahaya matahari bisa masuk, Anda juga harus membuat ventilasi. Ventilasi sebaiknya ada di setiap ruangan, agar tidak terasa pengap, sirkulasi udara lancar, dan selalu segar.

Dengan hembusan udara yang masuk melalui ventilasi tersebut, maka Anda tidak perlu menggunakan AC atau kipas angin, sehingga biaya listrik pun lebih murah bukan? Anda bisa memasang jendela kaca yang bisa dibuka pada ruang tidur, jadi udara segar di pagi hari akan terhirup.

4. Sisakan Lahan untuk Kolam

Wujudkan Rumah Idaman dengan Desain Rumah Tropis 4
http://www.rumahkuunik.com

Kolam ikan atau kolam renang pun bisa dijadikan penanda desain rumah tropis. Nuansa tropis akan lebih terasa bila di sekitar rumah terdapat kolam renang, meskipun ukurannya tidak begitu besar.

Baca Juga : Pertimbangkan Hal-Hal Ini Sebelum Membuat Desain Rumah Dengan Kolam Renang

Apabila lahan memang terbatas, Anda bisa menyiasati kolam tersebut menjadi kolam ikan kecil. Kolam ikan dengan gemericik air mengalir pastinya membuat suasana rumah lebih hidup. Ditambah lagi dengan tanaman atau pohon di sekitar kolam tersebut. Nah, untuk menikmati kesegaran tersebut, tempatkanlah kursi santai di dekat kolam.

5. Tata Tanaman yang Tepat

Wujudkan Rumah Idaman dengan Desain Rumah Tropis 5
http://gallerytamanminimalis.blogspot.com

Meski desain rumah tropis artinya memiliki tanaman yang cukup banyak, namun Anda tetap harus menata tanaman tersebut agar terlihat rapi dan enak dipandang. Jangan terlalu banyak menanam pohon besar, agar rumah tidak sumpek, pemandangan sekitarnya pun tidak tertutupi.

Nah, setelah menata tanaman, langkah selanjutnya adalah merawat tanaman-tanaman tersebut agar tidak mati, tetap cantik, dan menawan. Anda bisa saja memasang tanaman pot kecil di dalam rumah untuk menambah nuansa alam, namun jangan lupa rawat dan bersihkan pot serta area sekitarnya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat desain rumah tropis. Rumah semacam itu menjadi idaman setiap orang, karena suasana kenyamanan, kesegaran, dan ketenangan bisa Anda dapatkan. Tak hanya penghuni saja yang merasakan suasana tersebut, namun juga bagi tamu yang berkunjung ke rumah.