Dalam membangun rumah atau membeli rumah, tidak bisa sembarangan. Anda harus mempertimbangkan banyak hal agar selalu nyaman berada di dalamnya. Type rumah yang paling banyak diminati orang adalah rumah minimalis type 45, karena lebih luas dari rumah type 21 dan 32. Nah, karena lebih luas, maka Anda desainnya lebih fleksibel sesuai selera penghuni.

Rumah minimalis seperti apakah yang Anda inginkan? Pastinya rumah yang nyaman dan menenangkan bukan? Dengan rumah type 45 yang memiliki lahan lebih luas, Anda bisa memanfaatkan lahan sekitar bangungan agar rumah tidak membosankan. Nah, untuk mewujudkannya, terapkanlah desain rumah minimalis type 45 berikut ini:

1. Taman di Halaman Depan Rumah

Desain Rumah Minimalis Type 45 Dengan Suasana Rumah Lebih Tenang dan Menyenangkan 1
http://www.rumahminimalisku.net

Karena rumah minimalis type 45 lahannya lebih luas dari type 32, maka Anda bisa memanfaatkan lahan depan untuk dijadikan taman. Taman yang berisi tanaman hijau pastinya akan membuat suasana rumah menjadi lebih menenangkan. Terlebih lagi jika ditambah beberapa pohon yang membuat rumah lebih teduh.

Desain Rumah Minimalis Type 45 Dengan Suasana Rumah Lebih Tenang dan Menyenangkan 2
http://www.idedesainrumah.com

Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat kolam ikan kecil di taman depan rumah, agar rumah lebih menyenangkan. Buatlah kolam yang tidak terlalu dalam, agar anak Anda bisa bermain di sekitar kolam dengan aman.

Desain Rumah Minimalis Type 45 Dengan Suasana Rumah Lebih Tenang dan Menyenangkan 3
http://rumahminimalists.blogspot.com

2. Kebun Belakang Rumah

Desain Rumah Minimalis Type 45 Dengan Suasana Rumah Lebih Tenang dan Menyenangkan 4
https://liataja.com

Karena lahan lumayan besar, sangat disayangkan bila Anda menyia-nyiakan lahan di belakang rumah. Manfaatkanlah sisa lahan tersebut sebagai kebun, entah itu kebun buah atau sayuran. Dengan adanya kebun, Anda bisa manfaatkan waktu luang untuk berkebun. Selain itu, buah atau sayuran pun bisa didapat dari kebun sendiri, lebih efektif dan lebih hemat bukan?

Nah, jika desain rumah minimalis type 45 Anda memiliki kebun belakang rumah, maka suasana pun lebih segar. Buatlah jendela kaca yang menghadap ke kebun tersebut agar penghuni rumah merasa segar dan tenang.

3. Manfaatkan Lahan untuk Garasi

Desain Rumah Minimalis Type 45 Dengan Suasana Rumah Lebih Tenang dan Menyenangkan 5
https://www.marketrumah.com

Rumah type 45 memang didesain lebih luas untuk tempat garasi kendaraan. Nah, Anda bisa membuat garasi tersebut di depan rumah, tepatnya samping taman. Keberadaan garasi tentunya membuat kendaraan lebih aman bukan? setidaknya buatlah plafon untuk melindungi kendaraan dari panas dan hujan.

Untuk mempercantik tampilan rumah, Anda bisa buat desain rumah minimalis type 45 bagian garasi yang serasi dengan gaya rumah Anda. Misalnya jika menonjolkan suasana alam, gunakanlah bamboo untuk pagar garasi atau kayu yang dipernis.

4. Buat Teras Depan Rumah

Desain Rumah Minimalis Type 45 Dengan Suasana Rumah Lebih Tenang dan Menyenangkan 6
https://www.designrumah.co.id

Jika sudah ada taman di depan rumah, alangkah lebih baiknya Anda mendesain teras depan rumah. Teras tersebut bisa dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati keasrian taman. Bisa pula untuk menerima tamu agar tamu pun bisa menikmati suasana rumah yang segar.

Desain Rumah Minimalis Type 45 Dengan Suasana Rumah Lebih Tenang dan Menyenangkan 7
https://www.designrumah.co.id

Nah, tentunya Anda harus menempatkan beberapa perabot seperti kursi dan meja di teras untuk bersantai dan menerima tamu. Agar teras lebih cantik, pasanglah beberapa pot bunga yang digantung. Hal tersebut pastinya membuat nyaman baik untuk penghuni maupun pengunjung.

Nah, itu dia tips desain rumah minimalis type 45 agar lahan sisa tidak sia-sia. Disamping itu, rumah pun terasa lebih hidup, menyenangkan, serta menenangkan penghuni. Pastinya sebelum memanfaatkan lahan sebagai, taman, kebun, garasi, dan teras, pastikan bahwa kebutuhan ruang dalam rumah sudah terpenuhi.

Setelah ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dapur dan kamar mandi sudah terpenuhi, barulah Anda memanfaatkan lahan yang tersisa untuk hal lain yang lebih menyenangkan. Buatlah rumah yang nyaman untuk keluarga maupun pengunjung, agar mereka betah dan tidak bosan meski hanya di rumah.