Apa yang Anda pikirkan tentang rumah Limasan atau rumah khas Jawa? Pasti kesan tradisional dan dengan furniture yang tradisional pula. Nah, sekarang dengan era yang modern seperti ini, Anda bisa menggunakan desain rumah Limasan, namun dibuat dengan kesan modern. Bagaimana caranya?

Rumah Limasan menjadi pilihan banyak keluarga ketika ingin membangun rumah. Alasannya karena, rumah ini mampu memberikan kesan yang hangat. Nah, bagi Anda yang ingin membuat rumah ini namun tetap mau mempertahankan kesan modern has sekarang, berikut ini solusi desain rumah Limasan modern yang wajib Anda coba!

1. Menggunakan Furniture Modern

Tips dan Trik Merancang Desain Rumah Limasan Modern yang Minimalis 1
sumber : http://www.jualrumahlimasan.com

Untuk desain ini, Anda tetap mempertahankan bentuk Limasan khas jawa. Atau jika dilihat dari luar tampak seperti rumah adat jawa pada umumnya. Namun untuk bagian dalamnya, Anda bisa menggunakan furnitur yang telah modern.

Tips dan Trik Merancang Desain Rumah Limasan Modern yang Minimalis 2
sumber : http://www.jualrumahlimasan.com

Nah, agar kesan tradisional tetap melekat, maka beberapa furniture yang digunakan tersebut ada yang menggunakan elemen kayu. Perlu diketahui, meski menggunakan furnitur kayu, saat ini telah banyak furnitur yang menggunakan elemen kayu, namun tetap tampil modern dan minimalis.

2. Pertahankan Bentuk Atap, Tapi Ubah Bentuk Rumah

Tips dan Trik Merancang Desain Rumah Limasan Modern yang Minimalis 3
sumber : https://arsitekindonesia.id

Desain rumah Limasan modern selanjutnya, Anda bisa menggunakan bentuk rumah sesuai keinginan. Namun untuk mempertahankan tradisional khas jawa, atapnya masih tetap menggunakan bentuk Limasan.

Tips dan Trik Merancang Desain Rumah Limasan Modern yang Minimalis 4
sumber : https://jasa-desainer-rumah.blogspot.com/

Dengan demikian, tentu Anda bisa menciptakan semua tata ruangan sesuai keinginan namun tetap mempertahankan khas Jawa. Namun ingat! Dalam pemilihan ornamen rumah, tetap gunakan unsur etnik Jawa yang netral agar memberikan kesan yang sakral.

3. Tambahkan Taman Depan Rumah yang Minimalis dan Modern

Tips dan Trik Merancang Desain Rumah Limasan Modern yang Minimalis 5
sumber : kumpuldesainrumah.blogspot.com

Khusus bagi Anda yang ingin tetap mempertahankan kesan tradisional baik bentuk rumah atau tatanannya, maka untuk menciptakan kesan modern bisa menambahkan taman di depan rumah. Nah, untuk taman ini, buatlah semodern mungkin, misalnya dengan membuat air terjun atau kolam kecil.

4. Ubah Teras dengan Gaya Modern

Tips dan Trik Merancang Desain Rumah Limasan Modern yang Minimalis 6
desain rumah batu alam – Desain Teras Rumah Minimalis dengan Batu Alam yang Menarik

Berbeda dengan point ke 3 yang menambahkan taman di depan rumah, untuk desain rumah Limasan modern ini Anda harus mengubah teras menjadi kesan modern. Dalam artian, untuk bentuk rumah dan susunannya membentuk rumah Limasan, namun hanya bagian terasnya yang diubah ke bentuk modern.

Bagaimana caranya? Tentu sangat mudah. Dalam hal ini, misalnya Anda menambahkan area santai dengan furnitur yang telah modern. Atau Anda juga bisa menggunakan lantai keramik/marmer agar tercipta kesan modern.

5. Buat Lantai Bertingkat

Tips dan Trik Merancang Desain Rumah Limasan Modern yang Minimalis 7
sumber : https://www.rumahkuunik.com/

Jika membahas tentang rumah Limasan, pasti yang terpikir hanya berantai 1. Nah, untuk memberikan kesan modern, Anda bisa membangun dengan 2 lantai. Dan untuk menambah kesan modern, bisa dengan menggunakan furnitur yang kekinian tetapi tetap menggunakan elemen kayu. Apalagi jika bagian tangganya mengandung unsur kayu, misalnya lantai dan pegangan tangga dilapisi dengan kayu.

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Desain Rumah Limasan Modern

Banyak ahli yang menyatukan desain rumah Limasan, namun dengan sentuhan minimalis. Hal tersebut tentu mampu menghasilkan desain rumah Limasan modern. Namun jika dipikir kembali, memadukan antara rumah minimalis netral tanpa terlalu banyak ornamen, dengan etnik Jawa yang notabene penuh dengan corak ornamen, tentu tak seimbang.

Namun, untuk membentuknya harus dengan kunci khusus, yakni tak menggunakan beberapa ornamen etnik Jawa yang bertentangan dengan konsep minimalis.