Ketika ingin membangun rumah, namun hanya memiliki lahan yang sempit, tapi ingin punya banyak kamar, tentu harus dengan desain yang benar-benar tepat. Sebab, salah-salah tatanan rumah akan menjadi sempit, bahkan beberapa ruangan penting tak terpenuhi.

Namun kini Anda tak perlu khawatir, sebab di bawah ini ada 5 desain rumah kamar 3, bahkan dengan 1 mushola khusus untuk Anda!

1. Desain Rumah Kamar 3 1 Mushola Dengan Teras Memanjang

Contoh Desain Rumah Kamar 3 dan Mushola 1 1
sumber : pinterest.com

Siapa sih yang tak ingin memiliki ruangan lengkap meski lahan untuk membuat cukup sempit? Nah, bagi Anda yang memiliki lahan sempit, namun ingin terkesan panjang, maka Anda bisa mendesainnya secara khusus. Dimana dua kamar untuk anak, bisa berada di bagian depan.

Sedangkan ruang serbaguna berada diantara kamar tamu dan kamar tidur. Nah, ruang serbaguna inilah yang bisa digunakan sebagai mushola, atau bahkan tempat berkumpul keluarga.

Tak sampai disitu saja, untuk bagian terasnya, Anda bisa full di depan rumah dengan dibuat secara memanjang. Apalagi jika ruang keluarganya berada di sebelah tepat teras rumah. Tentu ini akan suasana rumah akan menjadi sangat hangat.

2. Desain Rumah Kamar 3 Dengan 1 Mushola

Pada desain kali ini untuk 2 kamar tidurnya yakni berukuran single bed dan double bed berada di sebelahnya atau tepat di paling depan. Sedangkan untuk kamar satunya dengan ukuran master bedroom berada di bagian tengah.

Sementara itu, tak jauh dari foyer atau area masuk, terdapat ruang kosong berukuran cukup luas, yang bisa dijadikan sebagai mushola. Yakni letaknya berada di dekat kamar mandi. Dimana fungsinya agar memudahkan penghuni rumah atau tamu untuk wudhu. Sehingga dengan desain ini, antara teras samping dan teras belakang rumah menyatu jadi satu.

3. Mushola Menyatu dengan Ruang Keluarga

Contoh Desain Rumah Kamar 3 dan Mushola 1 2
sumber : http://sembilanstudio.com

Yaps, mushola tak harus didesain dengan ruang tertutup asal bisa menjaga kebersihannya. Nah, untuk desain rumah kamar 3 yang satu ini, mushola digabungkan dengan ruang komunal atau ruang keluarga.

Hal ini tentunya, bukan berarti ketika melaksanakan kewajiban sholat akan terganggu, sebab Anda bisa memisahkannya dengan dekorasi untuk antara zona ruang keluarga dengan zona mushola. Dengan desain ini sebenarnya, tujuannya ialah agar rumah yang sempit terkesan lebih luas. Hal ini juga memiliki poin plus untuk kesegaran dan kelancaran sirkulasi rumah.

4. Mushola menjadi Ruang Transisi antara Dua Area

Contoh Desain Rumah Kamar 3 dan Mushola 1 3
sumber : home-designing.com

Bagi Anda yang ingin memiliki 3 kamar, dengan 1 mushola, maka desain rumah kamar 3 ini menjadi pilihan yang tepat. Dimana untuk dua kamarnya berada di belakang rumah. Sedangkan untuk kamar satunya berada di lantai atas jauh dari keramaian aktivitas di dalam rumah.

Sedangkan untuk musholanya, berada di belakang dapur, dimana dijadikan sebagai ruang transisi yang memisahkan antar dua area yang memiliki fungsi berbeda, yakni area komunal dan area privasi. Tujuan dari desain ini ialah, agar meningkatkan keamanan dan kenyamanan privasi keluarga.

5. Desain Rumah Kamar 3 Mushola 1 Dengan Dua Lantai

Contoh Desain Rumah Kamar 3 dan Mushola 1 4
sumber : pinterest.com

Untuk desain yang terakhir ini, memang harus dibangun menjadi 2 lantai. Dimana untuk bagian depannya terdapat ruang tamu dan ruang keluarga yang terletak secara berhubungan. Sedangkan untuk bagian belakangnya digunakan sebagai dapur, kamar mandi dan teras.

Nah, 3 kamar tidurnya berada di bagian atas, dimana satu kamar berada di depan, sedangkan 2 kamar lainnya berada di belakang sejajar dengan dapur. Sedangkan untuk musholanya berada di samping, bersampingan dengan teras atas. Hal ini tujuannya adalah, agar ketika melaksanakan ibadah sholat bisa dilaksanakan secara nyaman dan fresh.
Dengan 5 contoh desain rumah kamar 3 tersebut, tentu Anda bisa wujudkan rumah idaman, meski memiliki lahan yang sempit.