Tips membangun rumah sendiri dengan harga murah

Banyak dari kita bermimpi membangun rumah kita sendiri, dan meski bukan pilihan yang tepat untuk semua orang, membangun sendiri bisa menjadi cara yang terjangkau bagi Anda untuk mendapatkan Rumah ideal Anda. Namun jika gagal untuk merencanakan dengan baik maka Anda akan menghadapi risiko kehancuran finansial.

1.Usahakan anggaran Anda

Pastikan Anda mempertimbangkan hal berikut:

a. Pertimbangkan biaya tanah, biaya arsitek, pembangun, bahan, perlengkapan, alat kelengkapan dan segala hal lain yang Anda perlukan saat membangun rumah dari nol.

b. Lihatlah keuangan Anda dan putuskan apakah Anda dapat mengatasi komitmen finansial yang begitu besar.

Baca Juga : 8 Tips Bangun Rumah Minimalis Sesuai Dengan Impian Anda

2.Temukan lokasi yang sempurna

Menemukan sebidang tanah untuk rumah baru Anda adalah keputusan pertama dan sering yang paling penting yang perlu Anda buat.

a. Temukan lahan yang tepat

Pilihlah Lahan yang cocok untuk membangun rumah Anda, sehingga Anda nyaman untuk tinggal di lingkungan Anda untuk ke depannya.

b. Pilih area yang tepat

Ada kemungkinan Anda sudah memiliki gagasan tentang wilayah di mana Anda ingin tinggal, tapi masih perlu melakukan sedikit penyelidikan sebelum memulai untuk membelinya:

  • Pertimbangkan akses ke tempat kerja Anda, dan lebih bagus jika daerah tersebut dilalui oleh transportasi umum atau Bus.
  • Jika Anda memiliki keluarga muda, Anda juga harus memeriksa apakah daerah tersebut dekat dengan sekolah, swalayan, Puskesmas, dan letaknya strategis sebelum memutuskan untuk membeli tanah .

c. Pertimbangkan aksesibilitas

Ada sedikit manfaat untuk memiliki lahan yang cukup besar .Sebelum membangun Rumah, periksalah bahwa ada akses ke jalan umum untuk memungkinkan Anda untuk berkendara tanpa harus membayar hak akses atas tanah orang lain.

Cara Membangun Rumah Sendiri Dengan Harga Murah
Cara Membangun Rumah Sendiri Dengan Harga Murah

3.Rencanakan secara menyeluruh

Anda harus merencanakan Rumah Anda dengan spesifik (menyeluruh) agar biaya murah dan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Pertimbangkan hal berikut:

  • Berapa kamar tidur dan kamar mandi yang anda butuhkan?
  • Apakah Anda memerlukan sebuah taman?
  • Seberapa besarkah seharusnya setiap ruangan? Apakah Anda akan senang dengan dapur yang lebih kecil dan ruang tamu yang lebih besar?

a. Temukan seorang arsitek

  • Mereka akan membuat Anda mematuhi peraturan bangunan dan izin perencanaan.
  • Pastikan rumah Anda sehat secara struktural.
  • Terjangkau sesuai anggaran yang Anda miliki.
  • Memasukkan fitur unik yang tidak tersedia dalam konstruksi standar (minimalis).
  • Ketepatan dalam menghitung bahan konstruksi yang dibutuhkan.
  • Mengawasi Pembangunan Rumah Anda.

Mendapatkan arsitek yang baik bisa menjadi kunci untuk mewujudkan gagasan Anda tentang rumah Anda yang sempurna. Memilih arsitek yang tepat sangat penting untuk mendiskusikan kebutuhan, ide dan rencana Anda dengan masing-masing.

Anda juga harus melihat contoh pekerjaan mereka sebelumnya dan, jika mungkin, dapatkan studi kasus atau testimonial dari klien sebelumnya. Melakukan hal itu akan memungkinkan Anda untuk melibatkan jasa arsitek yang tidak hanya akan memberi Anda desain yang sesuai untuk rumah baru Anda, namun juga akan membantu membuat keseluruhan proses membangun dengan sempurna.

b. Dapatkan izin perencanaan penuh

Setelah rencana Anda selesai, Anda harus mendapatkan izin perencanaan penuh / terperinci sebelum Anda dapat mulai membangun rumah Anda.

c. Temukan Pekerja (tukang) yang Terampil

Minta contoh pekerjaan mereka dan bicaralah dengan klien sebelumnya untuk memeriksa kualitas dari pekerjaan mereka sebelumnya. Anda tidak harus membayar jumlah penuh di depan,sebagai gantinya setuju untuk membayar cicilan per item pekerjaan yang telah selesai dibuat, karena ini melindungi Anda dari hal-hal yang tidak terduga, seperti kabur sebelum pekerjaan selesai atau lepas tanggung jawab.Jika mungkin, Anda sendirilah yang harus membeli bahan bangunannya agar dapat memilih sendiri bahan atau material dengan harga yang terjagkau dan kualitasnya terjamin.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Developer Perumahan

4.Mulai membangun

Setelah Anda menemukan tim Anda, Anda siap untuk mulai membangun rumah baru Anda.