Jepang merupakan negara maju yang tetap mempertahankan konsep-konsep tradisional, baik dari segi pariwisata maupun bangunannya. Negara ini sangat terkenal dengan teknologinya yang mampu merambah pasar di seluruh dunia. Selain itu, destinasi favorit banyak berada di Jepang. Bagi Anda yang tertarik dan ingin merasakan suasana seperti di Jepang, mungkin Anda bisa menerapkan arsitektur rumah Jepang di rumah lingkungan rumah Anda sendiri.

5 Unsur yang Menjadi Ciri Khas Arsitektur Rumah Jepang 1
www.interor-idea.com

Sebelum Anda mendekorasi rumah Anda dengan gaya Jepang, lebih baik kenali terlebih dahulu beberapa konsep dasar yang selalu dipertahankan dalam arsitektur rumah jepang, baik rumah dengan model tradisional, modern, maupun minimalis. Aspek budaya menjadi hal yang sangat kental di Jepang, masyarakat disana sangat menghargai dan menjunjung tinggi budaya yang mereka miliki, sehingga hal ini berpengaruh pada desain rumah kebanyakan.

Adapun 5 konsep dasar yang sering digunakan dalam arsitektur rumah Jepang meliputi:

1. Pintu Geser

5 Unsur yang Menjadi Ciri Khas Arsitektur Rumah Jepang 2
http://www.rumahuni.com

Model pintu di Jepang kebanyakan cara membukanya dengan menggeser, pintu geser sudah menjadi ciri khas utama rumah Jepang, oleh karena itu untuk menciptakan suasana negeri sakura penting menerapkan konsep ini. Dimulai dari rumah adat Jepang yang dipertahankan sampai saat ini dan diterapkan di berbagai desain rumah.

Sebetulnya alasan pemakain pintu geser ini sendiri dikarenakan di Jepang biaya perumahan sangat tinggi yang cenderung membuat rumah-rumah disana luasnya tidak seberapa, bahkan banyak dari warganya yang menyewa apartemen. Maka setiap inci dari sebuah ruangan menjadi sangat penting, konsep pintu geser inilah yang menjadi solusi agar pintu tidak terlalu makan tempat.

2. Keindahan Alam

5 Unsur yang Menjadi Ciri Khas Arsitektur Rumah Jepang 3
JapanindoCuteCulture.com

Mencintai serta melestarikan alam juga merupakan ciri khas budaya Jepang sehingga biasanya arsitektur rumah Jepang selalu menempatkan tanaman tradisional seperti bonsai dan bambu. Konsep yang ditunjukan dari tanaman ini adalah taman hijau yang asri, jadi sebaiknya Anda tidak meletakkan tanaman yang memiliki warna terlalu banyak.

3. Interior Bercorak Alam

5 Unsur yang Menjadi Ciri Khas Arsitektur Rumah Jepang 4
seputarsemarang.com

Selain taman hijau mini yang memberi kesan pesona alami dirumah, biasanya interior rumah Jepang menggunakan furniture dari bahan alami seperti kayu atau bambu.

5 Unsur yang Menjadi Ciri Khas Arsitektur Rumah Jepang 5
https://blog.rumahdewi.com

Memang, budaya masyarakat di negara itu banyak menggunakan unsur kayu sebagai bahan interior dan eksterior rumah, akan tetapi meski menggunakan unsur kayu, Anda tetap bisa mendapatkan estetika di ruangan jika Anda menata dengan posisi yang tepat dan rapi.

5 Unsur yang Menjadi Ciri Khas Arsitektur Rumah Jepang 6
https://blog.rumahdewi.com

4. Pemilihan Warna Interior dan Eksterior

5 Unsur yang Menjadi Ciri Khas Arsitektur Rumah Jepang 7
https://blog.rumahdewi.com

Agar lebih sinkron dengan tema keindahan alam dan bahan interior yang digunakan sebelumnya, lebih baik Anda menggunakan warna-warna sederhana yang terdapat dari alam. Pemilihan warna yang salah justru akan membuat kesan yang tidak natural dan bahkan merusak tampilan dekorasi ruangan rumah Anda.

5 Unsur yang Menjadi Ciri Khas Arsitektur Rumah Jepang 8
https://blog.rumahdewi.com

Warna dominan yang biasanya digunakan pada arsitektur rumah Jepang ialah coklat yang dikombinasikan dengan warna-warna tanaman yaitu hijau tua dan hijau muda, sedangkan untuk lantai sebaiknya Anda memilih warna coklat kayu atau abu-abu. Untuk dinding lebih dominan ke warna putih atau coklat muda.

5. Genkan

5 Unsur yang Menjadi Ciri Khas Arsitektur Rumah Jepang 9
rumahuni.com

Pintu masuk utama pada rumah Jepang yang sering disebut dengan genkan merupakan unsur yang tidak kalah penting dalam konsep arsitektur rumah Jepang. Sebab genkan merupakan ciri khas dari rumah Jepang pada umumnya.

Genkan juga bersinggungan dengan budaya Jepang, dimana para pengunjung diharuskan melepas alas kaki dan mengganti dengan sandal yang telah disediakan. Terdapat bagian lantai yang posisinya bertingkat dan pengunjung tidak boleh menginjak menggunakan alas kaki yang dipakai dari luar rumah. Lantai bawah berbahan dasar batu sedangkan lantai atas menggunakan bahan kayu dan selaras dengan lantai rumah.

Kelima unsur tersebut wajib Anda terapkan apabila Anda ingin merasakan sensasi rumah negeri sakura yang nyaman untuk Anda tinggali. Pada intinya konsep utama arsitektur rumah Jepang ialah pesona alam yang diciptakan di dalam rumah agar timbul kesan natural dan tidak membosankan. Terimakasih.