Seperti apa sih rumah idaman menurut Anda? Esensi rumah idaman setiap orang berbeda-beda, namun pada umumnya, rumah idaman yakni rumah yang membuat nyaman siapapun. Desain eksterior dan interior rumah idaman mampu menyita perhatian serta memikat hati pun.

Selain itu, rumah idaman berarti rumah yang sirkulasi udaranya lancar, pencahayaannya cukup, tidak lembab dan tidak membuat bosan penghuni rumah.

Perlu Anda ketahui, ada banyak gaya arsitektur rumah idaman. Sebelum membangun rumah idaman, pilihlah gaya arsitektur yang paling cocok dan sesuai dengan gaya Anda. Pastikan dengan gaya atau model tersebut maka Anda bisa mendapat suasana nyaman dan menyenangkan.

Nah, sebagai referensi, ini dia beberapa gaya arsitektur rumah idaman yang digemari banyak orang:

1. Gaya Klasik

noimage - Cari Inspirasi Arsitektur Rumah Idaman? Inilah 4 Gaya Rumah Idaman yang Bisa Anda Pilih

Gaya arsitektur ini sangat menarik, apalagi jika Anda menerapkannya di zaman modern. Gaya klasik yang lebih menonjolkan detail-detail, seperti fasad, ukiran, ornamen dan warna khasnya adalah coklat.

Baca Juga : Rumah Modern 2 Lantai Model Klasik yang Menawan

Memang pembuatannya cukup rumit, namun Anda akan memperoleh rumah idaman dari cara yang rumit tersebut. Gaya klasik bisa pula ditandaii dengan dekorasi antic, seperti guci, vas dari tanah liat, souvenir kecil, patung, dan sebagainya.

2. Gaya Rumah Minimalis

noimage - Cari Inspirasi Arsitektur Rumah Idaman? Inilah 4 Gaya Rumah Idaman yang Bisa Anda Pilih
Lihat : Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Arsitektur rumah idaman yang satu ini menjadi pilihan banyak orang, terutama di Indonesia. Rumah minimalis rumah minimalis sangat elegan dan dekat dengan alam. Ya, konsep rumah minimalis memang demikian, natural, dengan adanya unsur tanaman hijau, unsur air, dan cahaya.

Gaya rumah minimalis cenderung lebih terbuka dari gaya klasik, lebih banyak ruang dengan sinar matahari yang cukup. Hal ini membuat ruangan tidak pernah lembab, sirkulasi udara lancar, dan penghuni pun merasa nyaman.

3. Gaya Scandinavian

noimage - Cari Inspirasi Arsitektur Rumah Idaman? Inilah 4 Gaya Rumah Idaman yang Bisa Anda Pilih
instagram.com/scandidandyhome/

Gaya yang satu ini hampir mirip dengan gaya rumah minimalis, namun lebih menonjol ke pemakaian perabot atau furniture kayu. Unsur alam untuk arsitektur rumah idaman gaya scandinavian lebih banyak dibanding gaya yang lain. Misalnya dengan menggunakan kursi kayu dibanding sofa, menggunakan tangga kayu dibanding tangga bermaterial semen, pilar dari kayu dibanding semen, dan lain sebagainya.

Dengan gaya scandinavian maka Anda akan memperoleh suasana damai, nyaman, dan segar di dalam rumah. Sangat cocok untuk beristirahat atau bersantai sambil menikmati pemandangan dari jendela kaca.

4. Gaya Country

noimage - Cari Inspirasi Arsitektur Rumah Idaman? Inilah 4 Gaya Rumah Idaman yang Bisa Anda Pilih
https://www.designrumah.co.id

Nah, arsitektur country termasuk arsitektur rumah idaman, karena sama nyamannya seperti scandinavian. Gaya rumah ini lebih banyak ditemukan di daerah pedesaan atau pegunungan. Untuk materialnya, lebih banyak menggunakan kayu dan batu alam, bukan hanya untuk furniturnya, namun mulai dari lantai, dinding, hingga atap.

noimage - Cari Inspirasi Arsitektur Rumah Idaman? Inilah 4 Gaya Rumah Idaman yang Bisa Anda Pilih
https://www.designrumah.co.id

Sangat dekat dengan alam bukan? Biasanya villa-villa di pegunungan menerapkan konsep ini, agar siapapun yang berada di dalamnya merasa tenang. Udara sejuk dari pegunungan pun bisa masuk melalui jendela yang terbuka dan beberapa ventilasi kecil. Rumah gaya ini akan dilengkapi dengan taman atau kebun, entah itu di depan rumah, di samping, maupun di belakang rumah.

Jadi, gaya arsitektur rumah idaman mana yang Anda pilih? Pilihlah yang memang cocok untuk Anda serta keluarga, agar merasa betah di rumah. Tak hanya itu, Anda pun harus memperhitungkan mengenai dana pembangunannya, tidak perlu membangun rumah yang mewah, megah, dan berkelas, cukup dengan membangun yang menciptakan kenyamanan serta keharmonisan.

Ya, kenyamanan sangat penting, karena rumah adalah tempat dimana Anda dan keluarga menghabiskan waktu lebih banyak setelah beraktivitas seharian. Rumah pun menjadi tempat istirahat, jadi suasana tenang sangat diinginkan.